Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog

Shalat yang di kerjakan di pagi hari di antara jam 8.00 sampai jam 11.00 adalah Sholat Sunnah Dhuha yaitu shalat sunnah yang telah di ajarkan oleh Rasullulah Saw yang mempunyai fadilah tersendri selain tentunya sebagai sholat tambahan untuk menambah amal ibadah kita untuk bekal di akhirat kelak adapun dalil yang melandasi tentang sholat sunnah dhuha ialah

“Dari Abu Hurairah R.A. berkata: Kekasihku (Rasulullah SAW) berwasiat kepadaku dengan tiga perkara yaitu puasa 3 (tiga) hari pada setiap bulan (ayyam al-bidh), 2 (dua) rakaat shalat Dhuha, dan shalat witir sebelum tidur.” (Hadits Shahih H.R. Bukhari).

Tata cara Sholat Sunnah Dhuha

Cara melaksanakan sholat sunnah dhuha tak jauh berbeda dengan sholat pada umumnya yang kita kerjakan dalam sholat fardhu yang 5 waktu yang membedakannya hanyalah waktu dan niat nya saja sedangkan rakaat sholat sunnah dhuha adalah  2 rakaat  sampai 12 rakaat

Adapun niat sholat dhuha adalah sebagai berikut

 

 

 

“ Ushallii sunnatadh-dhuhaa rak’ataini lillahi ta’aalaa” yang artinya yaitu “aku berniat sholat sunah Dhuha 2 rakaat karena Allah SWT”

Ada banyak manfaat atau fadilah yang bisa kita rasakan bila kita sering mengerjakan sholat sunnah dhuha adapun manfaatnya sebagai berikut

Manfaat sholat sunnah dhuha
  1. mendatangkan ketenangan bagi hati
  2.  mempermudah rejeki karena inti dari pada doa sholat sunnah dhuha ialah memohon di mudahkan rejeki
  3. menyehatkan tubuh karena tanpa di sadari shalat mempunyai gerakan seperti senam dan dapat menyehatkan tubuh kita
  4. terjaga dari perbuatan dosa
  5. menjadi amalan yang yang bernilai sama dengan sedekah seperti dalam hadis di bawah ini :Dari Abu Dzar al-Ghifari ra, ia berkata bahwa Nabi Muahammad saw bersabda:

    “Di setiap sendiri seorang dari kamu terdapat sedekah, setiap tasbih (ucapan subhanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (ucapan alhamdulillah) adalah sedekah, setiap tahlil (ucapan lailahaillallah) adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, mencegah dari kemungkaran adalah sedekah. Dan dua rakaat Dhuha diberi pahala” (HR Muslim).

6. di hapuskan nya segala dosa

 : “Siapa pun yang melaksanakan shalat dhuha dengan langgeng, akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu sebanyak buih di lautan.” (HR Tirmidzi)

Selesai sholat sunnah dhuha kita kerjakan kita di anjurkan berdzikir dan berdoa adapun doa setelah sholat dhuha adalah sebagai berikut

Doa Setelah sholat dhuha

 

sholat sunnah dhuha

sholat sunnah dhuha

artinya :

 Ya Allah Bahwasanya waktu dhuha itu waktu Dhuhamu, kecantikan itu ialah kecantikan mu, keindahan itu keindahan mu, kekuatan itu kekuatanmu, kekuasaan itu kekuasaan mu dan perlindungan itu, perlindungan mu.
 Ya Alloh jiikaa Rizkiku masih di atas langit, turunkanlah dan jika ada di dlm bumi maka keluar kanlah, jika sukar maka mudahkanlah, jika haram maka sucikanlah, jika masih jauh maka dekatkanlah, berkah waktu dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan, dan kekuasaanmu, limpahkanlah kpd kami segala yg telah engkau limpahkan kdp Hamba2 mu yg shaleh ”’.

Tag(s) : #islam
Share this post
Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe: