Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog

Jenis jenis jaringan internet
Jenis jenis jaringan internet

Jenis jenis jaringan internet


Agar komputer kita bisa tersambung ke internet Ada beberapa cara di antaranya melalui jaringan GPRS, Melalui Jaringan Telepon Langsung (Dial-Up), , menggunakan TV Kabel, dengan CDMA handphone, menggunakan Wireless Broadband dan menggunakan Centrino.
Di bawah ini adalah penjelasan mengenai jenis jenis jaringan internet

1. Menggunakan Jaringan GPRS

GPRS (General Packet Radio Service) memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan data dan suara dapa alat komunikasi yang sedang bergerak. Komunikasi data dan suara dilakukan dengan menggunakan gelombang radio GPRS mempunyai kecepatan transfer data yang cepat yaitu mencapai 115 Kbps.
GPRS mentransfer data dengan sistem paket. Sistem pentarifan berdasarkan banyaknya data yang ditransfer dan bukan berdasarkan lamanya penggunaan. Teknologi GPRS memungkinkan akses internet dari mana saja. Peralatan yang diperlukan untuk membuat komputer dapat terhubung dengan internet dengan menggunkan GPRS yaitu ada telepon seluler yang dilengkapi dengan fasilitas GPRS dan SIM Card yang menyediakan jasa layanan GPRS.
Sekarang ini koneksi komputer ke internet melalui jaringan GPRS sangat mudah, lebih-lebih dengan adanya peralatan baik berupa komputer, lap top, maupun handphone yang dilengkapi dengan fasilitas GPRS. Dengan GPRS seseorang dapat dengan cepat dan mudah memperoleh koneksi internet.

2. Melalui Jaringan Telepon Langsung (Dial-Up)
Komputer dapat dihubungkan secara langsung dengan internet melalui telepon reguler (telephon rumah) biasa disebut PSTN (Public Switched Telephone Network). Cara koneksi ini sering disebut Dial-up. Keunggulan koneksi ini adalah jaringan yang luas dan cara pemasangannya yang mudah. Koneksi dial-up memiliki keterbatasan bandwidth (lebar saluran yang dilalui transmisi data) dengan kecepatan akses internet 56 Kbps. Contoh : Telkomnetinstan.


3. Melalu Jaringan Modem ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line)
Pada jaringan ini, komputer-komputer dapat dihubungkan dengan internet melalui sebuah komputer server yang telah terhubung dengan internet. Komputer yang berfungsi sebagai server berhubungan dengan internet melalui kabel telepon rumah dengan menggunakan modem ADSL. Komputer-komputer lain terhubung ke server dengan kabel melalui media penghubung yaitu HUB. Contohnya : Speedy.

4. Melalui Wifi
Koneksi komputer ke internet dapat dilakukan tanpa menggunakan kabel. Salah satu cara adalah dengan menggunakan frekuensi tinggi. Sebuah komputer atau Notebook yang kilengkapi dengan kartu wifi (wifi card) dapat dihubungkan ke internet tanpa memakai kabel. Agar komputer atau notebook yang telah dilengkapi dengan wifi card dapat terhubung ke internet maka komputer tersebut harus berada di daerah yang mempunyai sinyal wifi. Daerah yang mempunyai sinyal wifi disebut Hotspot yaitu daerah yang berada pada radius 100 meter dari Acces Point.

Ada tiga komponen yang terdapat pada hotspot yaitu :

Acces Point, adalah perangkat yang menghubungkan teknologi wireless ethernet yang terdapat pada komputer. Luas daerah yang dapat dijangkau oleh Acces point mencapai antara 25 – 100 meter.
Wifi Controller, yaitu perangkat yang berfungsi sebagai alat autentifikasi untuk mengecek apakah seseorang pengguna merupakan orang yang mempunyai hak atau izin untuk melakukan akses.
Wifi Link, adalah perangkat yang mengubungkan lokasi hotspot dengan internet.

Tempat-tempat yang sering memakai intenet dengan fasilitas wifi antara lain kampus, sekolahan, hotel, kafe, bandara dan sebagainya.

5. Menggunakan Jaringan TV Kabel.
Internet dengan jaringan TB Kabel sangat cocok dipakai dalam sebuah keluarga karena akses internet dapat dilakukan setiap waktu (24 jam) dan bebas dari gangguan telepon sibuk (busy tone).
Kecepatan transmisi data (upstream dan downstream) juga lebih tinggi dibandingkan transmisi-transmisi data maksimum pada saluran telepon standar sebesar 28,8 Kbps (kilobit per detik) dan pada ISDN sebesar 128 kbps , maka jaringan TV kabel dapat mencapai 38 Mbps (Mega bit per detik).
Di dalam jaringan rumah, kabel dari TV kabel menggunakan kabel co-axsial dan dipasang sebuah pemisah saluran (splitter) kabel setelah kabel dari sebuah jaringan melewati splitter kabel baru menuju ke kartu Ethernet (Ethernet Card) dan kemudian ke komputer.

6. Menggunakan Wireless Broadband
Wireless Broadband dikembangkan untuk jaringan tanpa kabel. Wibro (Wireless Broadband) sangan cocok digunakan pada komputer yang bergerak. Wibro dapat diakses dari jarak 1 kilometer dari acces point-nya dengan kecepatan 512 kbps. Akses wibro masih dapat dilakukan dari kendaraan yang bergerak dengan kecepatan 60 km/jam.

7. Menggunakan CDMA Handphone
Pada saat ini internet berkembang tidak saja pada kecepatannya, tetapi juga pada teknologinya. Handphone dapat digunakan untuk koneksi komputer ke internet.
Kecepatan internet dengan DCMA Handphone dapat mencapai 230 kpbs untuk koneksi dan 153 kbps untuk download. Memang koneksi ini belum cepat, tetapi cukup baik bagi pengguna yang wilayahnya tidak terjangkau oleh kabel modem atau ADSL modem. Handphone dijadikan modem bagi sebuah PC.

8. Menggunakan Mobile Centrino
Pada saat ini teknologi komunikasi telah berkembang baik pada kecepatannya, programnya, maupun perangkat kerasnya. Dengan Notebook yang processornya dilengkapi dengan Centrino, maka internet dapat diakses di mana saja dan kapan saja tanpa harus menggunakan jaringan kabel.
Notebook dengan centrino sangat cocok untuk dipakai oleh orang-orang yang mempunyai mobilitas tinggi. Karena ukurannya yang cukup kecil dan ringan.

Mungkin hanya itu yang bisa saya jelaskan tentang jenis jenis jaringan internet semoga bermanfaat

Tag(s) : #komputer
Share this post
Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe: